Rabu, 11 Maret 2009

PEMBAHASAN ULANGAN SAINS 1
( Energi - Kenampakan Benda langit )


1. a). Erosi adalah peristiwa pengikisan tanah oleh air yang dapat berupa air hujan atau banjir. Erosi juga dapat menyebabkan munculnya tanah longsor karena tidak ada lagi penahan tanah oleh akar pohon.
Abrasi adalah peristiwa pengikisan tanah pantai karena adanya gelombang air laut yang terus menerus menerjang pantai karena tidak adanya penahan. Abrasi dapat dicegah dengan menanami pohon bakau dan membuat tanggul pemecah gelombang.
b). Sumber energi panas : api, arang yang membara, cahaya matahari, dan semua benda yang dapat menghasilkan panas disebut sebagai sumber energi panas. Sumber energi bunyi : suara manusia, alat musik, benda yang bergetar dan menimbulkan bunyi dapat disebut sebagai sumber bunyi.

2. Bunyi terjadi karena benda bergetar; Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut kekerapan bunyi atau frekuensi.; Manusia dapat mendengarkan bunyi dengan frekuensi antara 20 – 20.000 Hertz yang disebut audiosonik. Hewan yang mampu mendengarkan frekuensi di atas 20.000 Hertz / ultrasonik adalah kelelawar dan lumba-lumba / paus.

3. a). Perambatan bunyi melalui benda padat :
kita dapat mendengar ketukan di atas meja saat telinga kita tempelkan pada permukaannya. b). Perambatan bunyi melalui benda cair :
mendengar suara saat kita menyelam di dalam air kolam renang, misalnya teman kita yang menceburkan diri ke kolam. c). Perambatan bunyi melalui benda gas :
perambatan bunyi melalui benda gas ( udara ) paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya orang yang berbicara, suara motor yang terdengar dari kejauhan dan sebagainya.

4. Energi alternatif beserta manfaatnya :
Energi alternatif : a). Air, dimanfaatkan untuk mengairi sawah, sumber air minum, dan sebagai sumber tenaga listrik. Listrik diperoleh setelah air menggerakkan kincir air dan memutar turbin generator penghasil arus listrik. Generator yang menghasilkan listrik dengan tenaga air disebut sebagai HIDROGENERATOR. b). Angin, dimanfaatkan untuk menggerakkan kapal layar, olahraga dirgantara dan sebagai sumber tenaga listrik. Listrik dihasilkan setelah angin menggerakkan kincir angin dan memutar turbin generator penghasil listrik. Generator yang menghasilkan listrik dengan tenaga angin disebut sebagai AEROGENERATOR. c). Cahaya matahari, dimanfaatkan untuk mengeringkan baju yang basah, menguapkan air laut untuk menghasilkan garam dan mampu menghasilkan listrik dengan adanya sel dan panel surya. Penggunaan sel dan panel surya misalnya pada alat pemanas air mandi, mobil tenaga surya, lampu pengatur lalu lintas dan juga untuk memasak dengan adanya sinar matahari yang dikumpulkan dalam cermin cekung.
Manusia harus segera mencari energi pengganti bahan bakar minyak ( BBM ) karena
bahan bakar minyak (BBM) akan segera habis, sumbernya yang ada di alam tidak dapat diperbaharui sehingga harus mencari sumber energi alternatif yang lain.

5. Perubahan kenampakan bumi karena bencana alam : gambar boleh tentang banjir, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, longsor dan lain-lain.
Kenampakan benda langit di malam hari : gambar boleh tentang bintang, bulan, komet, meteor dan lain-lain.






Tidak ada komentar: